KKG/MGMP

forum pencerdasanUndang-undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, mempersyaratkan guru untuk : (i) memiliki kualifikasi akademik minimum S1/D4; (ii) memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogic, kepribadian, social, dan professional; dan (iii) memiliki setifikat pendidik. Dengan berlakunya Undang-undang ini diharapkan memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya melalui pelatihan, penulisan karya ilmiah, pertemuan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Dengan demikian MGMP memiliki peran penting mendukung pengembangan professional guru.

Untuk mewujudkan peran MGMP dalam pengembangan profesionalisme guru, maka peningkatan kinerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan masalah mendesak untuk dapat direalisasikan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kinerja MGMP, antara lain dengan pemberian dana Block Grant Madrasah Education Development Project (MEDP) untuk peningkatan mutu pendidikan melalui kegiatan MGMP.

Sejak Mei 2009, Madrasah Education Development Project (MEDP)  telah melaksanakan análisis di lapangan tentang fungsi dan keefektifan kegaiatan MGMP di tiga propinsi sasaran MEDP (Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah). Kegaitan analisis tersebut dilakukan terhadap stakeholder yang berhubungan (MTs dan MA) di tingkat Propinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Madrasah. Hasil analisis menunjukkkan bahwa diperlukan modul training yang dapat memfasilitasi; (1) meningkatkan pemahman guru Madrasah terhadap fungsi dan keguaan MGMP dalam meningkatkan profesionalitas guru, (2) meningkatkan kemampuan guru Madrasah untuk menyusun dan melaksnakan pertemuan-pertemuan MGMP berdasarkan kebutuhan guru dan Madrasah. Demikian juga dengan hasil diskusi antar stakeholders di lapangan, menunjukkan bahawa MGMP memerlukan peningkatan dukungan dari Kepala Madrasah dan Pengawas.

Berpedoman dari modul training MGMP di Madrasah oleh Madrasah Education Development Project (MEDP), pengurus sanggar MGMP dibawah koordinasi Kantor Kementrian Agama Kabupaten Nganjuk akan menyelenggarakan kegiatan MGMP untuk meningkatkan profesionalisme guru. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam kegiatan pembelajaran adalah bagaimana caranya meningkatkan prestasi hasil belajar siswa dan siswa memiliki karakter yang kuat. Sebab pada abad pengetahuan yang demikian kompetitif, dalam arti derajat kompetisi sedemikian tinggi, ketinggian intelektualitas atau kemampuan intelektual yang tinggi saja tidak cukup. Kekuatan dan ketahanan karakter juga sangat diperlukan. Pendidikan di madrasah perlu cepat merespon kebutuhan tersebut, yaitu dengan baik mempersiapkan manusia yang berkarakter kuat sekaligus berintelektualitas tinggi. Ini tugas penting pendidikan madrasah sekarang, mengingat eksistensi dan posisinya yang sedemikian strategis dan vital di zaman modern sekarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s