Curhat Bersama di Forum Lesson Study

Posted: Maret 22, 2012 in Uncategorized
Tag:, , , ,

Sebut saja namanya Udin, dia adalah salah seorang guru yang mengajar kelas 2 di sebuah madrasah di wilayah timur kabupaten Nganjuk. Beberapa hari ini dia sering curhat kepada kawan-kawan sejawat sesama guru. Dalam curhatannya, dia bekeluh kesah tentang beberapa hal terkait kegiatan belajar mengajar yang setiap hari dilakukan di kelas. Dia merasa ketika mengajar banyak sekali anak didiknya yang tidak serius memperhatikan materi yang disampaikan, bahakan ada beberapa anak yang asyik bermain-main sendiri dengan teman sebangkunya. Alhasil, ketika dilakukan croscheck pada hasil pembelajaranpun hanya 45% anak yang mampu menyerap dengan baik. Salah satu kawan yang dicurhati inipun ternyata mengalami hal yang sama ketika mengajar di kelas 5. Dua ornag inipun sama-sama mengalami kebuntuan tentang bagaimana baiknya melakukan pembelajaran di kelas agar para peserta didik bisa konsentrasi menerima pembelajaran. Saat keduanya sedang asyik bercurhat ria, kepala madrasah datang membawa selembar undangan dari Ketua DCU MEDP Kab. Nganjuk. Kata bapak kepala, ini ada undangan forum Lesson Study yang diprakarsai oleh MEDP DCU Nganjuk yang pembukaannya akan dilaksanakan besok hari Rabu, 21 Maret 2012 jam 08.00 di MI Al-Huda Bogo. Udin dan temannya inipun masih bertanya-tanya dan ragu tentang apa itu Lesson Study, namun keraguan itu segera ditepis oleh Kepala sekolah ketika menugaskan kedua orang ini untuk mengikuti acara tersebut.

Pagi itu, dengan semangat membara kedua pejuang pendidikan dari kawasan timur Nganjuk ini bergegas bersiap berangkat ke lokasi pelaksanaan Lesson Study dengan tetap membawa banyak pertanyaan besar tentang apa ituLesson Study. Masih sekitar pukul 07.15 WIB, Udin dan kawannya ini sudah sampai di lokasi. Di MI Al-Huda Bogo sudah tampak ramai murid-murid masuk kelas di bimbing oleh wali kelas masing-masing. Mereka berdua masih kikuk dan malu harus bertanya kepada siapa. Raut muka kebingungan keduanya dilihat oleh Sang Empunya madrasah alias Ibu Kepala madrasa, Bu Isaroh, S. Pd., melihat keduanya yang kebingungan langsung dipersilahkan masuk ke ruangan tempat akan diselenggarakanya kegiatan Lesson Study. Setelah menunggu hampir setengah jam, mulai banyak guru-guru dari madrasah lain berdatangan untuk ikut bergabung juga di acara hari ini. Semakin banyak orang yang datang semakin membuat dua orang ininbingung mau bertanya tentang Lesson Study tapi gengsi kepada sesama guru yang lain. Akhirnya mereka diam saja sambil menikmati hisapan demi hisapan rokok yang ada di sela-sela jari mereka.

Sekitar pukul 08.30, acara dimulai. Awalnya dipandu oleh seseorang yang mengenalkan dirinya perwakilan dari DCU Nganjuk untuk mengantarkan sedikit saja terkait apa itu Lesson Study sambil menunggu Ketua DCU hadir. Pada pemaparan yang disampaikan, mulai terlihat setitik cahaya terang tentang Lesson Study. Dijelaskan bahwa Lesson Study adalah sebuah forum merdeka milik para tenaga pendidik. Gunanya adalah untuk saling belajar tentang bagaimana cara mengajar yang baik dan saling memberi masukan terkait pelaksanaan pemebalajaran. Lesson study ini dimulai dengan guru-guru secara bersama-sama menyusun RPP untuk nantinya digunakan oleh salah seorang guru model yang ditunjuk mempraktikkan di dalam kelas, kegiatan ini yang kemudian disebut menjadi tahapan PLAN. Selanjutnya saat mempraktikkan RPP tersebut, semua guru yang tidak menjadi guru model mengamati siswa-siswa yang ada dengan tujuan melihat sejauhmana RPP yang telah disusun tersebut ketika disampaikan ke peserta didik. Sebelumnya semua peserta didik yang ada diberi nomor pengenal untuk memudahkan para pengamat ketika dilaksanakannya praktik mengajar tadi, kegiatan ini yang kemudian disebut dalam tahapan DO. Masih di tahapan ini, semua guru yang bertugas menjadi pengamat membawa lembar observer sebagai panduan  untuk melihat sejauhmana RPP yang telah disusun tadi mampu digunakan secara perasional di kelas. Tahapan akhir setelah pelaksanaan pembelajaran adalah SEE. Pada tahapan ini, guru-guru lain yang menjadi pengamat/observer memberikan komentar atas pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru model. Di forum yang terakhir ini biasanya banyak muncul kritik dan saran yang membangun sehingga memunculkan gagasan-gagasan baru terkait model-model pemebalajaran di dalam kelas. Hasil pengamatan itu nanti kemudian di susun secara rapi menjadi sebuah laporan bersama. Setelah mendengar paparan tersebut, Udin dan kawannya manggut-manggut dan semaki penasaran dengan pelaksanaan Lesson Study.

Tepat pukul 09.30, Bapak Drs. H. Barazi, Ketua DCU MEDP NGanjuk datang dan membuka acara sekaligus memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau berpesan agar forum Lesson Study ini betul dimanfaatkan dengan baik oleh para guru. Sebab, dalam forum ini masing-masing guru mampu melihat kelemahannya sendiri saat penysusnan RPP dan pada pelaksanaan pemebelajaran di Kelas. Semua bisa belajar dai kekuarangan dan kelebihan guru lain. Di akhir sambutannya, Bapak Ketua DCU mengingatkan agar Lesson Study juga mampu dikembangkan di madrasah masing-masing sehingga semua guru dapat memacu performa mengajarnya.

Setelah pembukaan, praktik Lessoj Study langsung dilakuka dengan mengambil 2 kelas sample, mewakili kelas atas adalah kelas 5 dengan guru modelnya Bu Dewei, dan mewakili kelas bawah adalah kelas 2 dengan guru modelnya Bu Umi. Acara hari ini diakhiri dengan analisa hasil praktik mengajar bersama di Open Class lalu memberikan masukan terkait pemebanahan RPP dan model pembelajaran di kelas yang didampingi oleh koordinator pelaksana Lesson Study tingkat MI, yaitu Bapak Zuhal Ahmadi, S. Pd.

Pukul 13.00 acara Lesson Study di MI Al-Huda Bogo diakhiri. Udin dan temannya pulang dengan wajah berseri-seri. Mereka mendapatkan sesuatu yang sangat luar biasa hari ini. Sesuatu yang akan membuat dirinya lebih bersemangat untuk belajar menjadi lebih baik demi memberikan yang terbaik bagai para generasi penerus bangsa.

Sampai Jumpa di pertemuan Lesson Study selanjutnya di MI Al-Huda Kepuhbener.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s