Wajah Baru Madrasah di Kabupaten Nganjuk

Posted: Januari 30, 2012 in Uncategorized
Tag:, , , , , ,

Salah Satu Bangunan MEDPSebagai sebuah lembaga pendidikan, madrasah juga mempunyai tanggungjawab untuk menyukseskan pendidikan nasional, lebih jauh lagi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi di wilayah apapun. Tanggungjawab yang demikian besar ini kadang menjadi beban sekaligus juga motivasi bagi madrasah. Beban yang muncul adalah ketika madrasah belum memiliki sumberdaya guru yang mumpuni. Selain itu juga belum tersedianya media pembelajaran yang lengkap guna menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Masalah yang banyak muncul di madrasah ini seringkali membuat madrasah harus berpikir ekstra keras guna menciptakan output yang kompeten. Belum lagi, masih banyak yang meragukan kompetensi madrasah dalam menyelenggarakan pendidikan dan menghasilkan output yang bonafid.

            Persoalan-persoalan inilah yang kemudian menjadi penyambuk semangat bagi Kementerian Agama RI untuk melakukan berbagai rekayasa guna membenahi madrasah. Sebab, dengan memanggul beban yang sedemikian berat dan belum didukung infrastruktur yang memadai maka akan semakin susah bagi madrasah untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitasnya. Untuk itu, Kemenag sudah berkali-kali menggodog berbagai program guna peningkatan kualitas madrasah, salah satunya adalah MEDP.

MEDP ini seakan menjadi angin segar bagi banyak madrasah di Jawa Timur, khususnya Kabupaten Nganjuk, untuk menata diri dan ikut menyukseskan program pendidikan Nasional. Untuk program MEDP ini, Kabupaten Nganjuk mendapat kuota yang lumayan banyak sebagai sasaran MEDP, yaitu 29 madrasah. Madrasah-madrasah yang menjadi sasaran MEDP di Kabupaten Nganjuk terdiri dari 12 MI, 14 MTs, dan 3 MA. Secara geografis, ke-29 madrasah tersebut hampir menyebar di separoh lebih di kecamatan yang ada di Kabupaten Nganjuk. Madrasah-madrasah tersebut memiliki kemauan yang luar biasa untuk berkembang, namun kemauan tersebut belum didukung oleh kekuatan finasial yang memadai. Maka dari itu, bantuan dari MEDP yang berbentuk Block Grant menjadi sebuah anugerah yang luar biasa bagi madrasah dan ditunggu-tunggu pencairannya. Sebab, dengan Block Grant madrasah akan mampu bergairah lagi guna memperbaiki secara internal kelembagaan juga memacu kompetensi guru untuk menghasilkan output yang unggul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s